16 Dec
16Dec

Sebelum mendirikan perusahaan dan mulai menjalankan bisnis, ada banyak sekali poin penting yang harus diperhitungkan. Mengingat legalitas usaha di Indonesia adalah hal yang sangat penting, maka memilih jenis badan usaha apa yang tepat untuk bisnis Anda juga merupakan hal yang krusial untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Saat ini di Indonesia, ada dua  jenis bentuk badan usaha paling populer yaitu berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan Commanditaire Vennootschap (CV) yang berfungsi agar para pengusaha mengetahui badan usaha apa yang tepat untuk bisnisnya. Sehingga Bagi yang ingin mendirikan badan usaha untuk kepentingan bisnis, wajib untuk mengetahui perbedaan CV dan PT berikut ini.

PT adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum yang statusnya diatur UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sementara CV bukan usaha yang berbadan hukum karena tidak ada regulasi yang mengaturnya. Sesuai dengan namanya, CV adalah bentuk badan usaha warisan Kolonial Belanda. Pendiriannya yang lebih mudah dibandingkan PT, membuat CV banyak dipilih sebagai badan usaha untuk bisnis UMKM.

Perbedaan PT dan CV adalah pada pengurusan. Pengurusan PT dilakukan oleh direksi yang dipilih berdasarkan RUPS. Sementara pemegang saham tidak berwenang untuk mengelola mengurus PT, kecuali jika pemegang saham perusahaan tersebut memang ditunjuk RUPS sebagai anggota direksi.

Jadi wajib bagi pemilik usaha untuk mengetahui perbedaan CV dan PT mengingat kedua jenis badan usaha tersebut memiliki berbedaan yang nantinya berpengaruh pada kepengurusan perusahaan hingga pembagian keuntungannya.

Comments
* The email will not be published on the website.